Kamis, 10 November 2011

Teknik mepengaruhi orang lain


Teknik mencari kawan dan mempengaruhi orang lain
Beberapa saran Dale Carnegie dalam mencari kawan dan teknik mempengaruhi orang lain termasuk juga lawan jenis anda. Teknik-teknik ini telah banyak menbantu ribuan manusia di belahan bumi ini dan dinyatakan cukup berkesan. Buku beliau yang berjudul How to Win Friends and Influence People telah terjual berjuta copy dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa di belahan benua. Beliau merupakan pakar dalam hubungan antar manusia dan telah banyak memberikan bengkel-bengkel motivasi, melakukan riset mengenai teknik dalam mempengruhi seseorang. Meskipun beliau di lahirkan di pinggiran New York dan berasal dari kelurga sederhana namun namanya mampu di sejajarkan dengan penulis-penulis besar lainya. Menurut beliau ada beberapa teknik yang mutakhir dalam mempengaruhi manusia dan saya coba untuk ringkaskan teknik-teknik tersebut setepat mungkin dari buku beliau  How to Win Friends and Influence People,  dalam tulisan saya yang singkat ini semoga bermamfaat. Adapun teknik-teknik tersebut sebagai berikut:

1.      Jangan sering menyalahkan orang lain, termasuklah mencerca atau memberi keluhan. Siapa pun orangnya tidak akan sudi bila anda selalu menyalahkannya dan anda tidak akan dapat bertahan lama hubungan anda dengan orang-orang yang selalu anda salahi. Mengenai persoalan ini kita ditekankan  untuk merasionalkan setiap masalah kepada berpikir positif, berpesangka baik.
2.      Menganggap oranglain itu penting, pada umumnya seseorang akan sangat berterima kasih dan senang ketika kehadirannya bisa diterima. Anda mampu membuat seseorang itu merasa kehadirannya dapat memberi arti.
3.      Tidak pelit dalam memberi pujian dan penghargaan, semut itu mati karna manis begitu juga manusia terkadang ada yang rela mati demi mendapat pujian, menghabiskan uang yang banyak demi membeli pakaian yang mahal supaya kelihatan menarik.

4.      Pandai  berbagi, dalam hal ini jika anda menjadi pendengar jadilah pendengar yang baik dan kalu menjadi pembicara jadilah pembicara yang menarik.

5.      Bersungguh-sungguh menaruh minat pada orang lain, orang tidak akan tertarik pada anda jika anda tidak menaruh minat pada orang lain. Jika anda selalu berpersangka buruk pada orang lain dan tidak gembira.

6.      Tidak terlalu perhitungan, apa yang kita beri atau kita korbankan tidak semestinya harus dibayar ketika itu. Terkadang apa yang kita beri akan kita dapati balasannya suatu ketika nanti dengan rupa dan bentuk yang kadang berbeda.  Mungkin anda masih ingat falsafahnya Yunai kuno “siap yang menabur ia akan menuai”. Jandi jangan takut memberi atau berkoraban.

7.      Mudah tersenyum, senyum itu mempercantik wajah dan merupakan cermin jiwa. Jika kita tesenyum orang lain tidak merasa sungkan untuk mendekati anda atau coba berbual-bual dengan anda, karna anda memberi respon positif pada orang lain.

8.      Sebutkan nama seseorang, menurut teknik ini seperti dalam ilmu kaunseling kita disuruh memanggil nama seseorang itu dengan nama yang ia sukai. Atau setidak-tidaknya kita ingat namanya ketika kita bertemu di jalan, tempat pesta dan lainya. Sapah lah orang tersebut dengan naman yang ia sukai.

9.      Jadi pendengar yang baik, Umumnya ini melihat karakter orang tersebut jika anda bertemu dengan orang yang banyak bicara maka anda lebih baik menjadi pendengar dan begitu pula sebaliknya.

10.  Bicaralah mengenai minat orang lain, umumnya orang lain kurang  suka pada orang yang suka menceritakan kehebatanya, kelebihannya sendiri sementara ia tak perna mau tahu atau memberi penghargaan terhadap minat orang lain.

11.  Hindarilah dari berdebat atu bertengkar, anda tidak akan pernah pendapat teman yang sejati selagi anda sering mendebatkanya. Ketika kita dihadapkan kepada perkara ini lebih baik menghindar. Tidak ada gunanya “Menang jadi arang, kalah jadi abu”.

12.  Mengakui kesalahan dan mudah memaafkan, akuilah kesalahan anda dengan simpati dan jujur niscaya orang yang anda buat marah menjadi simpati pada anda.

13.  Mahu menerima dari sudut pandang orang lain tidak egois, dalam hal ini kita memerlukan kebijaksanaan tidak selamanya pendapat kita benar. Dan terkadang kita harus mengalah, mengalah bukan bearti kalah tapi untuk jadi pemenang.

14.  Beritahu kesalahan orang lain dengan cara tidak langsung, memperbaiki atau menegur dengan bijaksana contohnya, ini sudah bagus tapi akan lebih bagus lagi kalau kamu buat begini, itu membuat saya lebih senang. Orang lain tidak akan suka dengan cara anda meberi peneguran yang salah walaupun ia tahu salah. Karna menurut hukum psikologi manusia itu akan memberi respon ketika ia dirangsang. Jadi jika anda merangsangnya dengan marah orang pun akan marah.

15.  Jangan suka memerintah, dalam hal ini anda dianjurkan  untuk menghilangkan kata-kata yang berbauh perintah. Pakaikanlah kata-kata yang tidak langsung dalam memberi perintah supaya orang lain tidak merasa diperintah.

Demikianlah teknik-teknik tersebut semoga dapat menjadi pegangan dalam mempengaruhi dan menarik minat orang lain atau lawan jenis anda, selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar